SUARA INDONESIA
Banner

Dukung Terciptanya Kamtibmas Serta Pencegahan Penyebaran Covid-19, Serikat Buruh dan Pekerja Lakukan Deklarasi

KUTAI TIMUR - Demi menjaga dan menciptakan kondusifitas daerah dalam menyongsong peringatan Hari Buruh (May Day), gabungan serikat pekerja dan buruh di Kabupaten Kutim melaksanakan deklarasi damai dan sepakat berperan aktif melakukan pencegahan terhadap penularan Covid-19.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan secara langsung di salah satu rumah makan di kawasan Sangatta Utara, salah satu ketua serikat, Basti Sanggalangi yang juga mewakili serikat pekerja lainnya, bahwa dalam giat yang dirangkai dengan silaturahmi oleh Polres Kutim dengan turut mengundang DPRD serta Disnakertrans tersebut adalah salah satu langkah yang tepat untuk diskusi dan saling bertukar pikiran untuk membuat kesepakatan bersama terkait peringatan Hari Buruh.

Basti juga menegaskan bahwa pada hari Senin Tanggal 03 Mei 2021 akan dilaksanakan hearing di kantor DPRD Kabupaten Kutim dengan mengundang unsur Forkopimda.

Lebih lanjut, dalam peringatan Hari Buruh tersebut sebagian serikat pekerja juga akan melaksanakan bakti sosial dengan membagikan masker sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Dengan adanya penekanan dari pemerintah menjelang peringatan Hari Buruh Sedunia (May Day) agar tidak di lakukan dengan cara aksi unjuk rasa atau kegiatan yang dapat mengundang kerumunan massa sebagai salah satu cara dalam mencegah penyebaran Covid-19 dan melindungi masyarakat, untuk itu saya harap para anggota serikat buruh dan pekerja dapat berperan aktif mensukseskan himbauan pemerintah tersebut," katanya. Selasa (26/04/2021).

Sebelumnya Kapolres Kutim AKBP Welly Djatmoko yang hadir langsung dalam kegiatan tersebut, dalam sambutannya juga secara tegas menghimbau agar dalam peringatan Hari Buruh, organisasi dan kelompok buruh dihimbau untuk tidak melakukan aksi yang dapat memicu timbulnya cluster baru Covid-19.

Orang nomor 1 Polres Kutim ini juga menghimbau agar dalam peringatan tersebut diisi dengan kegiatan bakti sosial dan kegiatan positif lainnya sehingga peringatan tersebut sinergi dalam pencegahan Covid-19 sekaligus dukungan terhadap upaya penanganan pandemi tersebut.

"Kondusifitas dan Kamtibmas itu perlu dijaga dan ditingkatkan sehingga kabupaten kita ini dapat terus aman dan tentram," tegas Kapolres.

Untuk diketahui, dalam kegiatan tersebut Polres Kutim juga menyalurkan bantuan 150 karung beras kepada serikat buruh untuk dibagikan kepada anggota serikat yang terdampak secara langsung secara ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Hadir langsung dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua II DPRD Kutim Arfan, Dandim 0909 Sangatta Letkol Czi Pabate dan Kadisnakertrans Sudirman Latif.

Isi deklarasi yang dilaksanakan adalah sebagai berikut:

"Kami Pengurus Serikat Buruh/Pekerja (SP-KEP, SPN, PPMI, KSBSI KSPSI, SBSI 92, KASBI, SBSI) Siap Menjaga Situasi Kamtibmas Kabupaten Kutim Tetap Kondusif, Serta Membantu Pemerintah Dalam Upaya Pencegahan Penularan Covid-19 di Wilayah Kabupaten Kutim".

Apa Reaksi Anda?