SUARA INDONESIA
Banner

Usia Produktif di Mahulu Jadi Prioritas Vaksin Covid-19

MAHAKAM ULU - Prioritas vaksin Covid-19 akan diberikan kepada garda terdepan yaitu seluruh tenaga medis dan masyarakat kelompok produktif di Kabupaten Mahulu.


Berikutnya akan diberikan kepada masyarakat dengan kategori high risk, atau usia produktif yaitu pekerja pada usia 18-59 tahun. Kabar gembira ini merupakan hasil koordinasi Dinkes Kaltim dan Kementerian Kesehatan RI, akan mendapat jatah vaksin Covid-19 pada Desember 2020 ini.


Hal tersebut diutarakan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Mahakam Ulu, Agustinus Teguh Santoso, saat dikonfirmasi langsung di ruang kerjanya.


"Untuk tahap pertama Kabupaten Mahulu sendiri akan mendapat jatah 16.425 vaksin Covid-19 yang didistribusikan Minggu kedua dari Kemenkes RI. Jika diasumsikan penduduk mahulu ada 30 ribu, artinya 50 persen warga mendapat vaksin gratis ini," ungkap Teguh kepada wartawan, Rabu (18/11/2020).


Ia menyebut, saat ini pihaknya telah membentuk tim imunisasi bekerjasama dengan TNI-Polri dan para camat untuk menginstruksi kestiap Puskesmas, agar mendata kelompok sasaran potensial dan produktif lainnya yang memiliki kartu BPJS kesehatan.


"Ketika warga yang akan di vaksinasi itu datanya sudah tersedia di setiap Pukesmas yang ada. Maka tidak repot lagi, hal ini untuk memudahkan sistem kerja di lapangan dalam kesiapan fasilitas kesehatan," jelasnya.


Alasan dalam vaksinasi tahap pertama lebih diprioritaskan kepada kelompok produktif, disebabkan bisa melakukan kegiatan dalam sistem pemulihan ekonomi kepada masyarakat.


"Kenapa kelompok dan usia produktif mulai dari 19 hingga 59 tahun yang lebih diutamakan vaksinasi ini. Karena mereka harus kita lindungi terlebih dulu, sebab mereka lah menjadi dongkrak masyarakat jika terjadi krisis ekonomi kedepan," pungkasnya.


Penulis : Riki


Editor : Alfian

Apa Reaksi Anda?