SUARA INDONESIA
Banner

Kasus Covid-19 Melonjak, Kadinkes Usulkan Hotel Jadi Tempat Karantina Pasien COVID-19

KUTAI TIMUR - Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur (Kadinkes Kutim), Bahrani, melaporkan hingga Senin tanggal 12 Oktober 2020, pasien yang terkonfirmasi COVID-19 tercatat sudah ada 667 kasus dengan kasus sembuh sebanyak 417 kasus dan meninggal 9 kasus. Saat ini pihaknya mengusulkan ada tempat karantina baru untuk merawat pasien COVID-19. Pasalnya RSUD Kudungga Sangatta yang menampung para pasien COVID-19 sudah mulai penuh. 

"Kami mengusulkan ada tempat baru untuk perawatan pasien COVID-19 yaitu di Hotel Kutai Permai di kawasan Sangatta Lama," ucap Kadinkes dalam Rapat Koordinasi (Rakor) lanjutan oleh Satgas Penanganan COVID-19 Kutim di Ruang Meranti, Kantor Bupati Kutim. 

Dalam rakor yang dipimpin oleh Pjs Bupati Kutim, Moh Jauhar Effendi, turut dihadiri oleh Seskab, Irawansyah, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kutim, Syafruddin Syam, hingga jajaran FKPD mulai dari Dandim, perwakilan Polres, dan sejumlah OPD terkait. Ia menambahkan hotel tersebut repsentatif, karena menjadi tempat alternatif karantina. Di hotel itu tersedia 37 kamar yang dapat disiapkan untuk para pasien COVID-19. 

"Namun untuk sewanya sehari saja dibutuhkan Rp 10 juta. Jika ada anggarannya, kami mengusulkan hotel menjadi tempat karantina mandiri bagi pasien positif COVID-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala daripada berbuntut panjang," bebernya.

Lebih jauh, Bahrani menambahkan hotel juga disiapkan untuk pasien COVID-19 yang kondisi rumahnya tidak memungkinkan dipakai isolasi mandiri.

"Ini untuk mencegah terjadinya kontak erat di keluarga dan lingkungan tempat tinggal," pungkasnya. (na)

Apa Reaksi Anda?